Workshop Angklung Centre 101 : Cara Mengaransemen Lagu Angklung

Workshop Angklung Centre 101 : Cara Mengaransemen Lagu Angklung

Ditulis Pada 17 Sep 2023 in Artikel

Workshop angklung dengan judul “Workshop Angklung Centre 101 : Cara Mengaransemen Lagu Angklung” yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 September 2023 di Rumah  Angklung yang beralamat di Jl. Pariwisata No.1-3-5, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat diisi oleh pemateri yang bernama Pak Eddy Permadi yang merupakan Ketua Dewan Pembina DPP Perhimpunan Penggiat Angklung Indonesia (PPAI). Di bawah ini adalah materi yang telah disampaikan oleh Eddy dalam Workshop Angklung Centre tersebut.

Dalam workshop tersebut, Pak Eddy menjelaskan beberapa teori seperti melodi dan nada. Melodi adalah kesatuan frase yang sudah disusun dari nada dengan urutan, interval, serta tinggi yang sudah diatur bisa naik, bisa turun, bisa melangkah, dan bisa melompat. Sedangkan, nada adalah suara yang teratur dengan frekuensi tunggal tertentu. Setiap nada memiliki tingkat tinggi yang ditentukan oleh frekuensinya atau jarak relatif terhadap nada patokan. Nada-nada ini dapat diatur dalam berbagai jenis tangga nada. Nada juga bisa naik atau turun setengah, misalnya dari Do, jadi Di, lalu Re jadi Ri. Ada dua varian utama dari tangga nada diatonis yaitu mayor dan minor.  Tangga nada diatonis mayor memiliki aturan interval yang terdiri dari 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – ½. Tangga nada diatonis minor memiliki pola interval yang berbeda, yaitu 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1 – 1.

Pak Eddy juga menjelaskan interval tangga nada diatonis mayor dalam angklung. Apabila intervalnya 1 maka pada angklungnya akan bertambah dua nomor. Jadi, jika nada dasarnya Do = C, angklung nomor 6 = Do, maka Re = No. 8. Sedangkan apabila intervalnya ½ pada angklungnya akan bertambah satu nomor. Contoh, apabila Re = No. 8, maka Mi = No. 9 dan seterusnya sesuai dengan aturan interval tangga nada. 

Supaya bisa menghasilkan hasil aransemen lagu yang bagus, ada beberapa rumus-rumus akor yang terdengar harmonis saat dimainkan. Pak Eddy memberikan sedikit contoh aransemen yang dimainkan bersama dengan semua peserta workshop ini. Untuk lebih lengkapnya bisa tonton di video bawah ini.

Begitulah paparan materi yang disampaikan oleh Pak Eddy dalam Workshop Angklung Centre kali ini. Yuk baca artikel workshop angklung lainnya agar wawasanmu mengenai angklung menjadi lebih luas.