Penguatan Karakter Lewat Nonton Film

Penguatan Karakter Lewat Nonton Film

Ditulis Pada 14 Mar 2024 in Berita

 BANDUNG, (PR).- Sekolah memiliki andil besar untuk mendukung kesehatan mental siswa melalui penguatan pendidikan karakter. Hal ini tertuang dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2016. Penguatan pendidikan karakter ini bisa dilakukan sekolah dengan memberikan metode pembelajaran yang efektif dan positif, lewat kegiatan belajar mengajar di dalam maupun luar kelas. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menonton film. Atas dasar inilah Tim Angklung Muhibah menggelar nonton bareng film "The Journey: Angklung Goes To Europe" bersama ratusan kepala sekolah se-Kota Bandung dan Cimahi. "The Journey" merupakan film dokumenter yang bercerita tentang perjalanan tim angklung ke sejumlah negara Eropa pada 2016 selama 40 hari. Penayangan film dilaksanakan di CGV Paris Van Java, Jalan Sukajadi, Bandung, Kamis (29/2/2024). "The Journey" disutradarai Maulana M Syuhada yang juga menjadi penggagas terbentuknya Tim Angklung Muhibah delapan tahun lalu. Dia membawa angkatan pertama Tim Angklung Muhibah tampil di sejumlah festival folklore di Eropa, seperti di Republik Ceko dan Polandia.

 

Maulana mengungkapkan, film ini tidak hanya bercerita tentang perjalanan budaya yang dilakukan Tim Muhibah Angklung kala itu, juga mengamalkan serta menampilkan nilai-nilai luhur tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), seperti kerja keras, disiplin, tanggung jawab, kemandirian dan cinta tanah air. "Film ini menceritakan bagaimana perjuangan anak-anak muda yang terus berlatih tanpa mengenal lelah untuk mengejar mimpinya, menggetarkan Eropa dengan angklung. Banyak rintangan yang harus mereka lewati, seperti tidur di bandara ketika mendarat di Eropa, bus yang rusak dalam perjalanan ke Aberdeen, sampai hampir ketinggalan pesawat ketika hendak kembali ke tanah air. Namun, dibalik semua itu, tidak ada kata menyerah yang keluar dari mulut mereka," tutur Maulana. Menurut Maulana, Tim Muhibah Angklung berkomitmen terus mendukung pelestarian budaya Indonesia. Salah satunya dengan cara pemutaran film "The Journey: Angklung Goes to Europe" di bioskop-bioskop yang ada di seluruh Indonesia.

 

Pejuang Jabar 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Ai Nurhasan mengatakan, Tim Muhibah Angklung adalah pejuang Jawa Barat untuk dunia. Soal nya, mampu membawa duta kesenian menembus global. "Semoga film ini bisa memotivasi agar kesenian Jawa Barat bisa digali dan dikembangkan di sekolah masing-masing. Pengennya film bisa ditonton bersama para siswa di Jawa Barat sebagai sarana meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun karakter generasi," ujar Ai. (Windy Eka Pramudya)***