Lestarikan Budaya, Para Lansia, Difabel, dan Anak-Anak Tampil di Angklung Fest 2023

Lestarikan Budaya, Para Lansia, Difabel, dan Anak-Anak Tampil di Angklung Fest 2023

Ditulis Pada 24 Nov 2023 in Berita

BANDUNG, Bisnistoday – Angklung telah memberikan berbagai cerita perubahan, seperti Ibu Sum yang berhasil mengobati rasa sedih dan rindu kepada suami yang baru meninggalkannya. Juga Niki, seorang teman tuli yang dapat mengeskpresikan diri dan menjadi komunikator bagi teman-temannya saat bermain angklung meskipun melalui bahasa isyarat. Di bulan angklung ini, semua cerita perjalanan Angklung Fest akhirnya tiba pada acara Puncak. Akan ada banyak Ibu Sum dan Niki lainnya yang tidak hanya inspiratif, tetapi juga akan mempersembahkan penampilan spesialnya.

Sebagai salah satu upaya untuk ikut serta melestarikan angklung, Tim Muhibah Angklung di bawah naungan Yayasan AMADA Maju Berbudaya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan Angklung Fest 2023 selama tiga bulan sejak 18 Agustus 2023. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari Latihan Angklung Empat Komunitas (anak-anak, warga sekitar, Lansia, dan penyandang disabilitas), Workshop Angklung, Nonton Bareng dan Talk Show Film The Journey: Angklung Goes to Europe, serta Lomba Angklung.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan ini, Tim Muhibah Angklung menggelar Acara Puncak Angklung Fest 2023, tanggal 23 November 2023, di Teater Tertutup Dago Tea House,  Taman Budaya Jawa Barat, Bukit Dago, Bandung. Kegiatan terdiri dari Grand Final Lomba Angklung, Penampilan Empat Komunitas Binaan dan Tim Muhibah Angklung, serta pengumuman pemenang Lomba Angklung Fest 2023, dengan lima kategori, yaitu anak-anak, Lansia, difabel, warga sekitar, dan masyarakat umum.

Sumber: 

https://www.beritasatu.com/network/bisnistoday/57798/lestarikan-budaya-para-lansia-difabel-dan-anak-anak-tampil-di-angklung-fest-2023