Workshop Angklung Centre 101 : Edutaining Interactive Angklung

Workshop Angklung Centre 101 : Edutaining Interactive Angklung

Ditulis Pada 19 Nov 2023 in Artikel

Workshop angklung dengan judul “Workshop Angklung Centre 101 : Edutaining Interactive Angklung” yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 November 2023 mengundang Kang Asep Suhada yang merupakan trainer dan instruktur edutaining interactive angklung serta Bu Irawani yang merupakan arranger lagu angklung "Widuri". Workshop ini dilaksanakan di Rumah Angklung yang beralamat di Jl. Pariwisata No.1-3-5, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat dan merupakan workshop terakhir dari Workshop Angklung Centre.

Edutaining Interactive Angklung adalah memainkan angklung dengan memberi pengetahuan tentang instrumen angklung serta cara memainkannya sekaligus mengajak penonton untuk berpartisipasi dengan mengikuti ritme atau melodi yang dimainkan oleh pemain angklung sehingga memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan memungkinkan penonton untuk merasakan secara langsung bagaimana angklung dimainkan dan bagaimana suara yang dihasilkan dapat berpadu dengan baik ketika dimainkan bersama.

Kang Asep mengawali workshop dengan game dimana para peserta workshop mengambil angklung yang disebarkan penempatannya. Komunitas latihan angklung lansia yang dibina oleh Tim Muhibah Angklung yang merupakan mayoritas peserta workshop ini sontak berseru gembira dalam games tersebut. Setelah mereka mengambil angklungnya masing-masing, Kang Asep memberitahukan terlebih dahulu cara memegang angklung. Pertama, peserta memegangnya dengan tangan kiri dengan tabung besar berada di sebelah kanan dan tabung kecil berada di sebelah kiri. Kemudian Kang Asep memberitahukan kode-kode untuk nomor angklung yang dimainkan.

Setelah mendapat pengetahuan cara bermain angklung dengan benar, para peserta workshop bermain angklung bersama-sama dengan dipandu oleh Kang Asep dan dibantu oleh Ibu Irawani. Mereka memainkan beberapa lagu seperti Es Lilin, Rungkad, Kemesraan, hingga My Heart Will Go On. Sesi Edutaining Interactive Angklung ini sangat menumbuhkan kerjasama satu sama lain, kefokusan yang tinggi, dan pastinya menjadi workshop yang sangat berkesan di hati para peserta.

Itulah kegiatan Workshop Angklung Centre yang telah dipandu oleh Kang Asep. Yuk baca artikel workshop angklung lainnya agar wawasanmu mengenai angklung menjadi lebih luas!