Pertunjukan Angklung Terbesar di Dunia Digelar di GBK Sambut HUT ke-78 RI

Pertunjukan Angklung Terbesar di Dunia Digelar di GBK Sambut HUT ke-78 RI

Ditulis Pada 05 Aug 2023 in Berita

PIKIRAN RAKYAT - Pergelaran angklung yang melibatkan lebih dari 15.000 pemain angklung dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, 5 Agustus 2023. Acara itu akan memecahkan rekor dunia atau Guinness World Record sebagai pergelaran angklung terbesar di dunia.

Acara ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara menyambut HUT ke-78 RI pada 17 Agustus 2023. Acara ini diinisiasi Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Puluhan ribu pemain angklung tersebut merupakan gabungan dari berbagai lembaga pemerintah hingga swasta, salah satunya Saung Angklung Udjo yang berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Acara itu rencananya akan mengadakan pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi. Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga hadir. Menteri yang hadir adalah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Tjahjo Kumolo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, mengatakan bahwa acara tersebut digelar dengan tujuan meningkatkan rasa cinta terhadap kebudayaan bangsa.

"Dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan kita terhadap budaya Indonesia yang direpresentasikan melalui pergelaran angklung terbesar di dunia," katanya.

Rangkaian Acara Sambut HUT ke-78 RI

Kementerian Sekretariat Negara telah menyiapkan rangkaian acara untuk menyambut HUT ke-78 RI. Pergelaran angklung yang melibatkan lebih dari 15.000 pemain adalah satu di antara kegiatan tersebut.

Selain itu, terdapat sejumlah acara lain yang disiapkan pemerintah untuk menyambut HUT ke-78 RI sejak 1 Agustus hingga 17 Agustus 2023. Berikut daftarnya.

  • Sabtu, 5 Agustus 2023: Pemecahahan Rekor Dunia atau Guinness World of Records Angklung Tahun 2023, akan diikuti 15 ribu pemain angklung.
  • Minggu, 6 Agustus 2023: Peragaan Busana Kebaya "Istana Berkebaya" di area luar Istana Merdeka.
  • Senin, 14 Agustus 2023: Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan.
  • Selasa, 15 Agustus 2023: Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.
  • Rabu, 16 Agustus 2023: Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan Negara Tahun 2024, di Gedung MPR/DPR.
  • Kamis, 17 Agustus 2023: Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, dilanjutkan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada pagi hari. Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada sore harinya dilanjutkan pertunjukan video Pemetaan "Gemilang Silang Monas".

Itulah daftar rangkaian acara yang disiapkan pemerintah untuk menyambut HUT ke-78 RI.***

Sumber: Pikiran Rakyat - Pertunjukan Angklung Terbesar di Dunia Digelar di GBK Sambut HUT ke-78 RI