Angklung Fest 2023 : Bangun Kecerdasan Musik Anak-Anak Dengan Angklung

Ditulis Pada 28 Dec 2023 in Kegiatan , Artikel

Azka merupakan seorang anak berkebutuhan khusus yang telah menjadi peserta latihan Angklung Fest 2023 untuk komunitas anak-anak. Hampir setiap harinya ia selalu menanti-nanti dan bertanya kepada orang tuanya kapan ia bisa latihan angklung lagi. Azka memiliki minat yang cukup tinggi di bidang musik seperti bernyanyi dan menari. Baginya ikut latihan angklung menjadi hal yang baru dan menyenangkan. Diluar keterbatasan yang ia miliki, angklung membuat Azka bisa melatih fokus koordinasi mata & tangan. Selain itu, Azka menjadi memiliki banyak teman baru saat ikut latihan Angklung Fest 2023.

Tidak hanya Azka saja, ada banyak anak-anak lain pada program latihan Angklung Fest 2023 untuk komunitas anak-anak. Saat latihan selesai, anak-anak tersebut tetap bermain angklung terus menerus. Selama latihan, mereka memainkan lagu yang cukup beragam seperti  lagu Edelweiss ciptaan Richard Charles Rodgers, lagu Bunda ciptaan Melly Goeslaw, dan lagu We are the World ciptaan Michael Jackson dan Lionel Richie.

Program latihan angklung anak-anak ini dan diharapkan dapat memberikan rasa minat terhadap kesenian Indonesia dengan bermain angklung, dengan memberikan pengajaran cara bermain angklung, latihan bersama, dan kesempatan untuk tampil di puncak acara Angklung Fest 2023. 

Latihan angklung anak-anak ini diadakan setiap hari Minggu pada pukul 09.00 – 11.00 WIB di Rumah Angklung yang beralamat di Jl. Pariwisata No. 1-3-5 Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung. Peserta dari latihan angklung anak-anak berjumlah 30 orang dengan rentang usia 6-12 tahun dan dipandu oleh akang teteh dari Tim Muhibah Angklung.

Pada sesi latihan angklung, selain pemberian materi tentang angklung, anak-anak juga diberikan waktu ice breaking seperti sesi tanya jawab berhadiah serta bermain permainan Tebak Siapa Aku, Duduk Tercepat, Dokter Berkata, Ular Naga, Potong Bebek Angsa, dan Domikadomi agar mereka tidak bosan. 

Jangan lupa simak artikel lainnya mengenai Angklung Fest 2023!