Workshop Angklung Centre 101 : Dasar - Dasar Melatih Tim Angklung

Workshop Angklung Centre 101 : Dasar - Dasar Melatih Tim Angklung

Ditulis Pada 10 Sep 2023 in Artikel

Workshop angklung dengan judul “Workshop Angklung Centre 101 : Dasar - Dasar Melatih Tim Angklung” yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 September 2023 di Rumah Angklung yang beralamat di Jl. Pariwisata No.1-3-5, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat diisi oleh pemateri yang bernama Teh Irma. Teh Irma merupakan seorang pelatih angklung yang telah berkarir selama puluhan tahun dalam dunia angklung. Pada workshop tersebut Teh Irma menjelaskan aspek-aspek apa saja yang harus disiapkan untuk melatih tim angklung.

Sebelum berfokus ke dalam melatih tim angklung, mari kita mundur selangkah untuk mengetahui bagaimana melatih sebuah tim. Secara singkat kita sebagai pelatih membutuhkan keterampilan kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, pengelolaan waktu, dan kepekaan terhadap dinamika kelompok.

Pada tim angklung sendiri, Teh Irma menjelaskan dua aspek penting yang perlu disiapkan, yaitu:

  1. Aspek Sarana fisikSebuah tim angklung memerlukan sarana fisik, seperti angklung yang terawat dengan baik, adanya alat tambahan sebagai pengiring, partitur untuk latihan, dan ruang latihan yang memadai.
  2. Aspek Sarana non-fisikSarana non fisik ini bisa berupa jadwal latihan yang disusun dengan baik, lingkungan tempat latihan yang menunjang, dan dorongan keluarga serta masyarakat.

Menurut Teh Irma, dalam proses latihan sebuah tim angklung diperlukan penentuan lagu yang memenuhi beberapa aspek yang harus dipertimbangkan, yaitu aspek psikologis atau yang sesuai dengan jiwa pemain dan penonton, serta aspek teknis yaitu lagunya dapat dimainkan sesuai dengan jumlah alat dan pemain.

Dari beberapa aspek di atas dapat disimpulkan bahwa untuk melatih sebuah tim angklung perlu adanya kesiapan tidak hanya dari personil tim, tetapi pelatih juga harus memiliki kesiapan dalam sarana dan prasarana yang akan digunakan sebagai penunjang latihan. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan agar proses melatih tim angklung dapat berjalan dengan baik.  

Jika kalian tertarik untuk belajar lebih tentang bagaimana melatih tim angklung, hubungi kami melalui halaman “HUBUNGI KAMI”. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan tim angklungmu!

Jangan lupa simak artikel workshop angklung yang lainnya ya!