Pertama Kalinya dalam Sejarah, Flash Mob Angklung dilakukan di Times Square, Manhattan, New York City

Pertama Kalinya dalam Sejarah, Flash Mob Angklung dilakukan di Times Square, Manhattan, New York City

Ditulis Pada 06 Jul 2022 in Berita

New York City – Sebagai upaya melestarikan angklung sebagai musik tradisional Indonesia yang mendunia, Tim Muhibah Angklung telah menggelar flash mob di Times Square, Manhattan, New York City, Rabu (06/07/2022), pukul 13.00 waktu setempat.

Flash mob ini dilakukan di persimpangan jalan yang paling terkenal di seantero dunia (Father Duffy Square). Selain itu juga sering dijadikan lokasi syuting film-film terkenal Hollywood sekaligus tempat favorit wisatawan berfoto-foto. Flash mob yang Tim Muhibah lakukan memiliki konsep yang unik yaitu dimulai dengan trigger suara angklung yang kemudian diikuti oleh suara angklung lainnya. Flash mob ini disaksikan oleh turis dan masyarakat setempat termasuk di dalamnya adalah Konsul Jenderal RI di New York, Bapak Dr. Arifi Saiman, M. A.

Seluruh penonton sangatlah takjub dengan flash mob angklung tersebut karena baru pertama kali melihat flash mob yang menggunakan alat musik dari bambu seperti angklung. Flash mob ini dilakukan dalam rangka misi budaya mereka di negeri Paman Sam. Selain Flash mob angklung, Tim Muhibah Angklung juga melakukan penampilan lainnya layaknya seperti orkestra musik dan menampilkan berbagai tarian nusantara yang membuat tercengang masyarakat dan turis-turis yang ada di sana.

Dalam rangka misi budaya di Amerika Serikat, Tim Muhibah Angklung tidak hanya berlabuh di New York City saja, namun tim ini akan melakukan misi budaya dari ujung Timur sampai ke Barat Amerika di mulai dari New York, Washington, Manitowoc, Chicago, Boise, sampai San Francisco.

Mereka akan melakukan konser, flash mob dan mengikuti dua festival folklore internasional yaitu Magic Valley Folk Festival di Burley, Idaho (18 – 23 Juli 2022) dan World Folkfest di Springville, Utah (25 – 31 Juli 2022). Tim Muhibah Angklung berhasil menyisihkan 80 tim dari seluruh dunia dan menjadi salah satu dari 10 tim yang terpilih pada festival internasional tersebut.